TUGAS DAN LATIHAN SOAL MARKWTING X BDP
1.Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar,
dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar olehperusahaan
JAWABAN: Pengertian Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok
konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang
berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga
nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan
sasaran pasar dengan strategi marketing
mix tersendiri.
TUJUAN DILAKUKANNYA SEGMENTASI PASAR
1.Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a.measurable
b.subtantial
c.accesible
d.differientiable
Jelaskan dengan
singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
Jawaban:
1. Measurable (terukur)
Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.
1. Measurable (terukur)
Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.
2. Substansial
(banyak)
Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani.
Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani.
3. Accessible (dapat diakses)
Accessible berarti segemen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.
Accessible berarti segemen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.
4. Differentiable (dapat
dibedakan)
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
3. Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi
Pelanggan
b. Sensitifitas harga
jelaskan dengan singkat dan jelas masing
masing segmentasi tersebut dan
berikan contohnya
jawaban: Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan.
Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak
menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
Sensitivitas harga – Di
luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan
dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang
membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang
bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu
kelebihannya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a.demografis
b.geografis
jawaban:
Demografis – Demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis. Misalnya, produk asuransi untuk manula.
Demografis – Demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis. Misalnya, produk asuransi untuk manula.
geografis
Pada segmentasi ini,
pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota,
dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan
menjadi target operasi perusahaan.
5.Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar
dengan Analis Pasar.
Jawaban:karena
sebelum melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu harus melakukan analisa
pasar
Komentar
Posting Komentar