TUGAS DAN LATIHAN SOAL MARKWTING X BDP

1.Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar olehperusahaan

JAWABAN: Pengertian Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri.
TUJUAN DILAKUKANNYA SEGMENTASI PASAR
1.Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
    a.measurable
    b.subtantial
    c.accesible
    d.differientiable
   Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
 
 Jawaban:
1. Measurable (terukur)
Measurable berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.
2. Substansial (banyak)
Substansial berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani.
3. Accessible (dapat diakses)
Accessible berarti segemen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.
4. Differentiable (dapat dibedakan)
Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
3. Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:  
  a. Preferensi Pelanggan     
  b. Sensitifitas harga    
    jelaskan dengan singkat dan jelas masing masing segmentasi     tersebut dan berikan contohnya
     
jawaban: Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti                     persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
               Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.


4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
   a.demografis
   b.geografis
jawaban:
Demografis – Demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis. Misalnya, produk asuransi untuk manula.
geografis
Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
5.Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
Jawaban:karena sebelum melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu harus melakukan analisa pasar


Komentar