SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar
·
Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
1.Ada beberapa syarat
segmentasi yang efektif, yaitu:
·
Dapat diukur
·
Dapat dicapai
·
Cukup besar atau cukup
menguntungkan
·
Dapat dibedakan
·
Dapat dilaksanakan
2.Manfaat dari
segmentasi pasar adalah:
·
Penjual atau produsen
berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan
pemasaran.
·
Penjual atau produsen
dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda,
sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai
segmen.
·
Penjual atau produsen
dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
POLA SEGMENTASI PASAR
- Preferensi
homogen. Suatu pasar yang semua konsumennya kurang lebih mempunyai
preferensi yang sama.
- Preferensi
tersebar. Kebalikan dari sebelumnya, suatu pasar menunjukkan bahwa pilihan
konsumen terpencar ke seluruh penjuru. Apabila terdapat satu merek produk,
maka kemungkinan besar produk tersebut ditempatkan di tengah agar bisa
memikat sebagian besra konsumen. Apabila pesaing baru datang, maka ia akan
menempatkan diri di dekat mereka pertama dan mereka akan saling berebut
pangsa pasar.
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
·
Variabel geografi
Variabel tersebut, antara
lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·
Variabel demografi
Variabel tersebut, antara
lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lainnya.
·
Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara
lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara
lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan
dan sikap pada produk.
PROSUDER MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
1. Tahap Survey
Pada tahap ini dilakukan wawancara kepada
target segmen pasar untuk mendapatkan pemahaman terhadap sikap, motivasi, dan
perilaku konsumen. Wawancara bisa dalam bentuk kuesioner, di mana data
kuesioner yang terkumpul bisa dijadikan informasi atas atribut-atribut yang
dibutuhkan.
2. Tahap Analisis
Di tahap ini, data yang mengandung
variabel-variabel berkorelasi tinggi dibuang, kemudian dilakukan analisis
kelompok untuk menghasilkan jumlah maksimum segmen yang berbeda.
3. Tahap Pembentukan
Di tahap ini dibentuklah kelompok berdasarkan
perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikologis, psikografis, dan pola media.
Dari sifat dominan yang ditemukan pada kelompok tersebut, diberikanlah nama
profil pada kelompok segmen itu.
Komentar
Posting Komentar